Mapag Toya Ring Pura Batukaru

  • 24 Oktober 2018
  • Dibaca: 27 Pengunjung
Mapag Toya Ring Pura Batukaru

Mapag Toya Ring Pura Batukaru, 24/10/2018

Tabanan 24/10/2018, Mapag Toya merupakan salah satu ritual pertanian masyarakat Hindu di Bali. Mapag Toya merupakan bentuk ungkapan syukur kepada penguasa air (Tuhan). Ritual ini juga bermakna memohon ijin agar diberikan air yang melimpah untuk kesuburan tanaman pertanian.

Upacara ini merupakan bagian dari ritual pertanian sebagai symbol menjemput air di sumber air sebagai sumber kehidupan agar tanaman padi dapat tumbuh subur tanpa kekeringan. Upacara ini Mapag Toya ini dilakkukan di Pura Batukaru Tabanan.

Dalam mantra yang diucapkan yang mengiringi ritual, disebutkan Bhatara Gangga sebagai dewi atau bhatari yang bersemayam di Sungai Gangga. Dalam agama Hindu Sungai Gangga adalah sungai suci sebagai sumber air yang dapat mengalirkan air kesegala penjuru termasuk sawah-sawah.

Maksud dan tujuan dari pada ritual ini adalah untuk menginformasikan dan sebagai pertanda kepada krama Subak bahwa sawah yang ada di areal subak sudah mulai dialiri air sebagai bahan atau kebutuhan sawah untuk melakukan penanaman padi di sawah.

  • 24 Oktober 2018
  • Dibaca: 27 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita