Gambaran Umum

GAMBARAN UMUM DINAS KEBUDAYAAN KABUPATEN TABANAN

Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tabanan Nomor 13 Tahun 2016 dan Peraturan Bupati Tabanan Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Tabanan. Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah dalam bidang urusan kebudayaan. Dinas Kebudayaan dipimpin oleh Kepala Dinas dan berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah dengan tugas melaksanakan urusan pemerintahan dalam bidang kebudayaan yang sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Tabanan.

Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan memiliki satu UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) yaitu UPTD Museum Subak yang berfungsi dalam pengadaan dan pengamanan terhadap warisan dan budaya khususnya alat pertanian tradisional Bali yang memiliki nilai tinggi baik pada masa lalu, pada masa sekarang, maupun di masa yang akan datang.

Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan saat ini berupaya meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat melalui sektor kebudayaan dan didukung dengan sektor pariwisata yang menjadi salah satu faktor pembangunan daerah, yang memberi kesempatan kepada masyarakat untuk membuka lapangan kerja dan berusaha secara mandiri yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat juga pendapatan negara melalui devisa.